Press Release
Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemko Tanjungpinang Gelar Rakor Evaluasi
Humas- Pemerintah Kota Tanjungpinang bersama jajaran SKPD Kota Tanjungpinang secara intensif dan berkelanjutan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, dengan meningkatkan kualitas profesional SDM sebagai pelaku pelayanan, Sarana Prasarana dan penataan kelembagaan serta ketatalaksanaan, maupun sistem pelayanan bisa berjalan sesuai standar operasional prosedur ((SOP) yang telah ditetapkan.
Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Riono, M.Si, ketika membuka Rapat Evaluasi Peningkatan Pelayanan dengan Asisten Deputi Koordinator Pelaksanaan, Kebijakan dan Evaluasi wilayah I di Kantor Walikota Tanjungpinang, Kamis (16/11).
Rapat ini dihadiri juga Kepala Bidang Koordinasi pelaksanaan kebijakan pemantau Bpk Suyatno, dan seluruh SKPD, Kasat Lantas Polres Kota Tanjungpinang, Camat, RUSD, Pukesmas dan lurah
Dikesempatan itu, Riono menyambut baik kegiatan rapat evaluasi tindak lanjut evaluasi pelayanan publik ini. Karena tujuan pertemuan ini sejalan dengan komitmen Pemerintah Kota Tanjungpinang menjadikan peningkatan kualitas pelayanan publik sebagai salah satu prioritas pembangunan daerah. Terkait dengan upaya dan langkah strategis yang telah dilakukan oleh Pemko Tanjungpinang beserta segenap jajaran untuk memperbaiki mutu pelayanan publik diantaranya, mengembangkan dan meningkatkan kualitas sarana prasarana pelayanan kesehatan Pukesmas dengan standar ISO, seperti memperbaiki pukesmas Kampung Bugis dan pembagunan Pukesmas batu 10.
Lanjut, Riono dengan membentuk Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) sebagai wujud pelayanan terpadu satu pintu mendorong seluruh unit pelayanan publik untuk meningkatkan kepatuhan terhadap UU No. 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik melalui upaya pendampingan penyusunan standar pelayanan dan maklumat pelayanan.
Selain itu juga, Pemerintah Kota Tanjungpinang merupakan kota role model, " Pemerintah Kota Tanjungpinang harus berusaha mengembangkan smart city (pelayanan melalui sistem teknologi dan komunikasi), sehingga semua persyaratan dan prosesnya dapat secara langsung diketahui publik." Tutup Riono
Sementara itu, Asisten Deputi Koordinator Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Noviana Andrian, SH, M,Ap menjelaskan, dalam mendorong percepatan peningkatan pelayanan publik, KemenPAN-RB telah menetapkan Kota Tanjungpinang salah satu Kota Role model di Provinsi Kepulauan Riau artinya, setiap Pemerintah daerah yang menjadi role model, dapat terus berinovasi dalam pelayanan publiknya setiap tahun.
" Rapat ini bertujan untuk menyampaikan evaluasi pelayanan publik (pusat pelayanan terpadu satu pintu, RSUD dan Kantor Disduk Capil) serta unit pelayanan publik lainnya, seperti Bandara, Pelabuhan, Imigrasi dan Polres) ", Terangnya
Pada akhir acara Pemerintah kota Tanjungpinang memberikan cindera mata, yang di serahkan oleh Setdako Drs. Riono, M.Si ke Asisten Deputi Koordinator Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Noviana Andrian, SH, M,Ap
Kabag Humas dan Protokol
Setdako Tanjungpinang
Faisal Pahlevi, S. STP